JSIT DKI Jakarta & UHAMKA Gelar Pelatihan Classroom Management

JAKARTA – Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa, dan tugas guru yang sebagian besar terjadi dalam kelas adalah membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal. Kondisi belajar yang optimal dicapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikanya dalam situasi yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pelajaran.

Untuk meningkatkan optimalisasi ini, SMPIT Insan Mandiri Kalisari yang disponsori oleh JSIT DKI Jakarta dan UHAMKA mengadakan pelatihan CLASSROOM MANAGEMENT bagi guru-guru yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu DKI Jakarta. Sebanyak 65 guru dari berbagai sekolah yang ada di DKI Jakarta terlihat antusias mengikuti pelatihan ini. Hadir sebagai pembicara Dr. Heri Muljono, MM dan Dr. Yessy Yanita Sari, M.Pd

Dr. Yessy Yanita Sari, M.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan guru di dalam kelas meliputi dua hal pokok, yaitu mengajar dan mengelola kelas. Kegiatan mengajar dimaksudkan secara langsung menggiatkan siswa mencapai tujuan seperti menelaah kebutuhan siswa, menyusun rencana pelajaran, menyajikan bahan pelajaran kepada siswa, mengajukan pertanyaan kepada siswa, menilai kemajuan siswa adalah contoh-contoh kegiatan mengajar.

“Kegiatan mengelola kelas bermaksud menciptakan dan mempertahankan suasana (kondisi) kelas agar kegiatan mengajar itu dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Memberi ganjaran dengan segera, mengembangkan hubungan yang baik antara guru dan siswa, mengembangkan aturan permainan dalam kegiatan kelompok adalah contoh-contoh kegiatan mengelola kelas.” ungkapnya menjelaskan.

Senada dengan Yessy, Dr. Heri Muljono, MM yang menjadi pembicara kedua mengungkapkan pentingnya manajemen kelas. Lebih lanjut sebagai penguat ia mengungkap overview tentang Manajemen Pendidikan. Lebih lanjut, Heri mengutarakan bahwa organisasi sekolah menggambarkan 3 tataran yang terpadu : tataran institusi (hubungan sekolah dengan lingkungan), tataran manajerial (interaksi sistem-sistem dalam transformasi), tataran teknis (kegiatan pembelajaran). Ketiga tataran inilah yang membentuk sebuah classroom management.

Kegiatan Pelatihan yang digelar pada Kamis, 9 Maret 2017 ini diselenggarakan di Aula SMPIT Insan Mandiri Kalisari. Abdul Hakim, S.Kom, MM mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian SMPIT Insan Mandiri Kalisari, JSIT DKI Jakarta dan UHAMKA terhadap kualitas pendidik terutama di sekolah Islam terpadu. Kegiatan ini rencananya akan terus diupayakan dengan pendampingan oleh UHAMKA selama 3 bulan ke depan. Sebagai evaluasi, nantinya akan dilakukan obeservasi lapangan ke sekolah yang ditentukan secara acak bagaimana penerapan hasil pelatihan yang didapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *