Outbound Yang Mengasyikkan

“…Bisa! Bisa! Bisa!,”

Kata-kata itu membahana. Teman-temanku bagaikan tupai memanjat dengan cepat, mereka berupaya mendahului lawan. ‘TANGGA MONYET’ nama permainan yang menyita begitu banyak perhatian. Bagaimana tidak, pasti banyak diantara teman-temanku yang ingin tahu, siapa pemenang yang tengah berkompetisi memanjat hingga atas dan kembali ke pijakan tanah. Ketinggian 15 meter tak membuat ciut nyali mereka. Anak tangga yang terbuat dari tali yang dianyam bergoyang-goyang. Yang pasti, teman-temanku itu adalah pemberani dan tidak mengidap fobia ketinggian. Subhanallah!

Masing-masing diantara teman-temanku mendukung keberhasilan perwakilan tim mereka, termasuk aku tentunya. Berkali-kali Kak Irwan, pemandu kami memberi semangat, “Kalah-menang sudah biasa, tetapi ini masalah harga diri tim,” ungkapnya sambil menepuk dada. Sontak kami terus menyemangati tim kami agar bisa menang mempertahankan harga diri tim.


Kak Irwan adalah seorang Pemandu di tempat kami beraktifitas Outbound. Namanya, Kandank Jurank Doank. Sebuah tempat yang disinggahi 30 murid SMPIT Insan Mandiri Kalisari didampingi 7 guru untuk melatih dan menumbuhkan karakter melalui kegiatan Outbound. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 27 Februari 2017.

Sebelum itu semua, kami telah menempuh jarak yang lumayan jauh dari Kalisari, Pasar Rebo menuju Ciputat, Tangerang. Ketika Bus AC Kramat Jati melaju pada jam 07.00 wib, dengan sabar mereka menunggu satu setengah jam hingga tiba di lokasi. Dan tepat jam 09.00 pagi, Outbound yang dinanti itupun dimulai dengan permainan-permainan yang mengasyikkan sebagai ‘warming-up’.


Setelah semua memanjat di ‘TANGGA MONYET’, dengan penuh pengalaman baru mereka beranjak ke permainan lain yang lebih seru: FLYING FOX. Wah, ini ikon outbound lho!, tidak seru outbound tanpa flying fox. Terjun dengan bantuan tali besi dari ketinggian menyisiri tebing sepanjang 100 meter melintasi kolam air. Setiap anak berteriak saat terjun mengugkapkan perasaannya. Sebagian besar wajahnya berseri-seri dengan pengalaman barunya, ada pula yang turun dengan wajah pucat pasi karena takut ketinggian.

Beralih dari flying fox, akhirnya mereka bermain jembatan air. Terdiri atas seutas tali di bawah sebagai pijakan dan atas sebagai pegangan. Di bawahnya, terdapat kubangan lumpur, yang tentunya kami akan kotor jika jatuh dalam melintasi tali tersebut. Apalagi, permainan ini dibuat ‘fight’ satu lawan satu antar tim. Alhasil, pasti salahsatunya akan jatuh ke kubangan lumpur. Bagaimanapun kami tidak bisa mengelak. Bahkan di sini serunya.

Selepas permainan tersebut, kami siap-siap untuk melintasi kolam air dengan rakit dari ban mobil sebagai pelampung. Setiap tim harus melintasi kolam air dan berlomba untuk memenuhi pipa bocor dengan air. Setiap tim dengan kompak penuh kerjasama berupaya lebih dulu memenuhi pipa tersebut. Luar biasa seru… mengasikkan dan lucu. Outbound ini bagiku menyenangkan sekali. Teman-temanku pun mengungkapkannya dengan penuh ungkapan kebahagiaan. Akhirnya pada jam 17.00 wib kami tiba di sekolah dengan penuh perasaan puas.

FATHIYA ZAHIDA, Siswi SMPIT Insan Mandiri Kalisari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *