CIRI KHAS

Sebagai salahsatu Sekolah Islam terpadu, SDIT-SMPIT Insan Mandiri mengedepankan kekhasannya sesuai arahan Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Kekhasan tersebut sejak dari Perencanaan, Proses dan Penilaian. Ciri khas ini merupakan keunggulan yang ditawarkan dibanding sekolah lainnya.

Pada Proses, pembelajaran TERPADU (Telaah-Eksplorasi-Rumuskan-Presentasikan-Aplikasikan-Duniawi-Ukhrowi) diterapkan. Selain itu, SDIT-SMPIT Insan Mandiri memiliki kekhasan, sebagai berikut:

Seminar & Pembinaan SDM
Seminar & Pembinaan SDM
  1. SDIT-SMPIT Insan Mandiri Kalisari menerapkan Integrated Activity dan Integrrated Curiculum ditambah 10 jam pelajaran Al Qur’an setiap pekan. Kurikulum diarahkan pada paradigma baru dunia pendidikan yang mengisyaratkan adanya perubahan proses dari teaching kepada learning dimana fungsi guru sebagai salah satu sumber ilmu yang juga berperan sebagai fasilitator, educator, dinamisator, inspirator, motivator dan evaluator. Murid menjadi subyek dengan kegiatan presentasi, diskusi, observasi, games, curah gagasan, display dan keterampilan.
  2. Kurikulum yang terintegrasi, melibatkan seluruh potensi belajar, orientasi pada penilaian proses dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.
  3. Memberikan pelajaran Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Komputer sebagai Muatan Lokal.
  4. Memulai kegiatan belajar mengajar pada jam 06.30 sampai dengan jam 14.00 (SDIT) & jam 16.00 (SMPIT) sejak murid jenjang kelas bawah dengan hari efektif Senin-Jum’at.